Spesifikasi Lengkap Yamaha RXZ dan Harganya

RXZ merupakan motor sport keluaran PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing yang jaya dikalangan era 90-an. Motor Yamaha RXZ ini memiliki kapasitas mesin sebesar 135 cc dan menjadi raja di kelasnya padasaat tersebut. Mesin motor ini selaludiperinci dan diberi tune-up agar performanya makin kekinian. Selain itu,dilakukan juga modifikasi yang terbilang unik karena modifikasi motor ini masihmempertahankan knalpot asli dari Yamaha RXZ nya sehingga tetap memiliki cirikhas.

Namun terdapat sedikit perubahan di bagian header knalpot untuk mengimbangu tampilan bodynya yang dibuat datar. Kemudian ada setang clubman dan sebuah lampu minimalis yang mengisi pada tampilan depan. Selain itu, sepidometernya juga berbentuk kotak dan spionnya bermodel bar-end yang terkesan sangat klasik.

Motor RXZ ini meluncur pertama kalinya di Indonesia pada tahun 80-an dengan menargetkan pasar konsumen pecinta motor sport. Mesin motor ini hampir sama dengan motor RX-King. Namun motor RX-King ini sendiri konsepnya lebih condong ke motor touring ala-ala naked bike.

Motor ini pertama kali diperkenalkan ke pasar konsumen mulai dari tahun 1987, hampir sama dengan motor RX-King. Namun pada tahun 1999 yamaha RXZ sudah tidak diproduksi lagi dan diganti dengan Yamaha TZM. Meski demikian masih banyak yang menggunakan jenis motor Yamaha RXZ yang mungkin dapat kita temui di jalanan.

Yamaha motor RZX ini merupakan motor legendaries yang tidak tidak mungkin dilupakan oleh bikers di Indonesia. Karena pada masanya motor ini menjadi salah satu motor yang sangat popular dan memiliki performa yang sangat disegani. Dan pada saat itu motor ini memiliki saingan dengan motor Kawasaki ninja AR 125 dan Suzuki RGR 150. Meskiu motor Yamaha RXZ ini mengusung teknologi mesin namun kenyataannya motor ini mampu bersaing dengan Kawasaki ninja yang mengusung mesin mutakhir.

Baca Juga :  Siapapun Bisa Kesengsem sama Gagahnya Honda Tiger 2000

Desain motor Yamaha RXZ ini memang terciri sekali sebagai motor sport yang tercermin dari batok headlamp, sirip cover bawag mesin, kanlpot dan butiran belakang yang tajam. Selain itu Yamaha RXZ juga menggunakan setang jepit yang membuat posisi berkendara anda menjadi agak merunduk dan member kesan seperti motor balap ala MotoGP.

Untuk sector mesin, Yamaha RXZ ini memiliki mesin 2 tak 135 cc. perbedaannya terletak diantara kedua sepeda motor pada bore dan stroke 56 dan 54 mm, sementara motor RX-King ini sendiri memiliki diameter 58 dan 50 mm. sehingga sudah pasti setiap motor memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Motor Yamaha RXZ ini didesain untuk melaju pada putaran atas yang cocok untuk kondisi trek panjang. Motor ini mampu menghasilkan power hingga 21 Hp pada putaran 8.500 RPM dan ditunjang oleh pengabutan tipe karburator konvensional.

Pada tahun 2004yamaha RXZ juga sudah dilengkapi catalyzer sehingga motor ini berhasilmendapatkan sertifikat EURO 2. Motor Yamaha RXZ ini memiliki bentuk yangpanjang, ramping dan punya stance yang datar dengan karakter dari sebuah caféracer. Namun semua bagian body dari motor ini sudah diganti total dengan hasilbuatan tangan Kru Dochaki yang meliputi tangki, panel samping, buritan dansepatbor. Sementara rangkanya sendiri sudah dibuat ulang untuk menyesuaikandengan bentuk body datang dari depan hingga buritan. Untuk harganya, Yamaha motor RXZ menawarkan harga yang terbilang cukup tinggi sampai dengan 18jutaan tergantung dengan kondisi motor itu sendiri.