Pajak Motor Online: Syarat Balik Nama Motor

Memiliki kendaraan bermotor khususnya roda dua saat ini sepertinya telah menjadi kebutuhan wajib di masyarakat. Hal ini bukan hanya disebabkan oleh gaya hidup namun memang kendaraan roda dua bisa memberikan manfaat besar terhadap kegiatan sehari-hari seseorang. Dengan sepeda motor, pergi ke kantor atau ke kampus akan lebih cepat, hemat dan menyenangkan dibandingkan dengan mengendarai mobil atau kendaraan lain yang lebih besar karena jalan raya di kota besar yang sering mengalami kemacetan. Selain itu harga motor juga lebih terjangkau dibandingkan mobil dan membayar ongkos bus setiap harinya. Jika tak mencukupi pun, Anda bisa membeli motor second dengan harga yang terjangkau dimana terlebih dahulu Anda mengurus syarat balik nama motor sebagai salah satu bagian dari proses pembeliannya.

Dengan memiliki motor sendiri, meski dengan kondisi second, Anda akan bisa melakukan kegiatan sehari-hari dengan lebih nyaman. Namun pastikan semua kelengkapan berkendara juga telah Anda lakukan yang dimulai dari proses pembelian sepeda motor second yang disertai dengan pembayaran pajak dan balik nama saat melakukan proses jual beli. Proses balik nama dilakukan di kantor samsat sesuai dengan domisili Anda sebagai pembeli. Namun perlu juga diperhitungkan apakah alamat pemilik sebelumnya berada satu daerah dengan Anda karena akan mempengaruhi proses balik nama. Jika pemilik pertama beralamat di daerah samsat yang berbeda, maka Anda harus terlebih dahulu mendaftarkan motor dengan proses mutasi kendaraan.

Balik nama dilakukan agar proses pembayaran pajak kendaraan yang nantinya wajib Anda setorkan setiap tahun bisa dilakukan dengan lebih mudah. Membayar pajak harus membawa KTP pemilik sesuai nama yang ada di BPKB atau STNK. Jika STNK motor Anda masih berada di bawah nama pemilik sebelumnya, maka Anda harus selalu meminjam KTP untuk melakukan pembayaran pajak. Meski sekarang pajak motor online melalui berbagai lokasi samsat keliling bisa memudahkan pembayaran, namun syarat pembayarannya masih sama yaitu dengan KTP pemilik yang sesuai dengan STNK.

Baca Juga :  Fitur Unggulan Pada Mobil Brio dan Tipe-Tipenya

syarat balik nama motor

Jika tak ingin selalu meminjam KTP pemilik sebelumnya, lakukan balik nama setelah Anda membeli motor second. Biaya balik nama juga tak terlalu besar karena disesuaikan dengan nominal pajak motor tahunan yang ada di STNK. Namun jika motor yang Anda beli belum dibayarkan pajaknya, maka saat proses balik nama, biaya pajak motor akan langsung ikut ditagihkan. Karena itu sebelumnya tanyakan dahulu apakah pajak tahunan sudah dibayarkan ataukah belum untuk mengkalkulasi biaya pembelian secara menyeluruh hingga nama Anda yang ada di surat STNK dan BPKB kendaraan.

Sebagai simulasi, berikut ini adalah biaya yang harus Anda bayarkan saat melakukan proses balik nama kendaraan roda dua:

  1. Biaya balik nama sebesar 2/3 dari pajak kendaraan tahunan.
  2. Biaya SWDKLLJ sebesar Rp. 35.000.
  3. Biaya administrasi STNK Rp. 50.000.
  4. Biaya administrasi TNKB Rp. 30.000.
  5. Biaya diluar pajak seperti biaya pendaftaran stnk, biaya pendaftaran balik nama, biaya fotokopi, biaya jasa pengambilan bukti fisik kendaraan, dsb.

Setelah Anda melakukan proses balik nama, maka STNK dan BPKB nantinya akan dikeluarkan atas nama Anda sebagai pemiliknya. Dengan begitu, proses pembayaran pajak selanjutnya bisa lebih mudah dengan cara bayar pajak motor online di samsat keliling ataupun kantor samsat sesuai domisili menggunakan KTP Anda sendiri. Untuk info lebih lengkap mengenai syarat dan cara balik nama kendaraan,